O‍NOFILE

Cara Hacker Meretas Akun Online Dan Cara Menghindarinya

KUNJUNGI WEBSITE BARU KAMI DENGAN KUALITAS YANG LEBIH BAIK DI SINI
Orang-orang berkata bahwa akun online mereka diretas, tetapi apakah Anda benar-benar mengerti bagaimana cara para hacker meretas akun online? Kenyataannya, para hacker meretas akun Anda dengan cara yang cukup sederhana, tidak dengan script ataupun program rumit lainnya.
Pengetahuan adalah kekuatan. Dengan mengerti bagaimana cara akun Anda diretas, Anda dapat mengamankan akun Anda dan mencegah password Anda diretas. Bacalah artikel ini untuk mengetahui cara hacker meratas akun online, dan cara menghindarinya.

Menggunakan Password Yang Sama Pada Beberapa Akun

Banyak orang – dan mungkin hampir seluruh orang – menggunakan kembali password yang sama untuk akun yang berbeda. Hal ini benar-benar tidak aman.
Menggunakan password yang sama untuk akun email Anda akan menambah resiko akun Anda diretas. Karena akun email Anda bisa digunakan untuk melakukan reset ke semua akun online Anda jika peretas berhasil mengakses email Anda.
Sebaik apapun password yang Anda gunakan, Anda tidak bisa mengontrol seberapa baik layanan yang Anda gunakan untuk mengamankan password Anda. Anda sebaiknya menggunakan password berbeda, pada tiap akun online yang Anda miliki. Untuk membantu Anda, sebaiknya Anda menggunakan password manager.

Keylogger

Keylogger adalah software jahat yang bisa berjalan pada background process, mencatat setiap tombol yang Anda tekan pada keyboard Anda. program ini biasanya digunakan untuk mengetahui informasi pribadi seperti nomor kartu kredit, password online banking, dan informasi rahasia lainnya. Software ini lalu akan mengirimkan data yang telah dicatat ke penyerang melalui Internet.
Gunakan antivirus yang sudah teruji, jagalah agar software Anda terupdate, dan hindari software yang mencurigakan.

Social Engineering

Peretas juga biasanya menggunakan trik Social Engineering untuk mengakses akun Anda. Phising adalah bentuk umum dari Social Engineering – intinya, peretas meniru seseorang dan menanyakan password Anda. Contohnya seperti ini:
  • Anda menerima email yang mengklaim bahwa email tersebut berasal dari bank Anda, meneruskan Anda ke situs web palsu dan menyuruh Anda untuk memasukkan password Anda.
  • Anda mengunjungi situs web yang berjanji memberikan Anda sesuatu, contohnya game gratis pada Steam ataupun gold gratis pada World of Warcraft. Untuk mendapatkan hadiah palsu ini, situs web tersebut menyuruh Anda untuk memasukkan username dan password akun online Anda.
Berhati-hatilah, jangan mengklik tautan pada email yang meneruskan Anda ke situs web bank Anda, jangan memberikan password pada orang yang mengontak Anda dan memintanya, dan jangan memberikan informasi akun Anda pada situs web yang tidak terpercaya, yang mengiming-imingkan hadiah, dan
sebagainya.

Reset Password Dan Akun Email

Jika peretas menggunakan sembarang dari metode diatas untuk mengakses akun email yang Anda miliki, Anda sedang berada dalam masalah yang lebih besar. Akun email Anda biasanya berfungsi sebagai akun online utama Anda. Semua akun Anda terhubung pada akun email Anda, dan siapapun yang dapat mengakses akun email Anda bisa melakukan reset password Anda pada semua situs web yang Anda daftarkan dengan akun email yang bersangkutan.
Untuk alasan ini, Anda seharusnya mengamankan informasi akun email Anda seaman mungkin. Gunakan password seunik mungkin, dan yang mudah Anda ingat, serta jangan biarkan orang lain mengetahuinya.Gambar Keempat Cara Hacker Meretas Akun Online (Dan Cara Menghindarinya) Oleh Segiempat