O‍NOFILE

Cara Mengakali Batasan Bandwidth Internet

KUNJUNGI WEBSITE BARU KAMI DENGAN KUALITAS YANG LEBIH BAIK DI SINI


Ada sebaiknya jika Anda tahu bagaimana cara mengakali batasan bandwidth Internet, karena beberapa Internet Service Provider (ISP) itu sendiri memiliki batasan ketat dari jumlah bandwidth yang bisa Anda gunakan setiap bulannya, dan akan membebani Anda biaya ekstra jika Anda melewati batasan tersebut. Beberapa ISP lainnya membatasi traffic Internet pada jam-jam tertentu, misalnya, ISP akan menawarkan bandwidth tak terbatas hanya pada malam hari.
Batasan-batasan seperti ini mungkin terkadang membuat Anda frustrasi, terutama jika Anda suka melakukan streaming video kualitas tinggi, atau menggunakan layanan yang tergantung dengan bandwidth besar. Beberapa tips mengakali batasan bandwidth Internet dibawah ini bisa Anda lakukan jika Anda tidak bisa mendapatkan ISP yang lebih baik.

Mengakali Batasan Bandwidth Internet, caranya:

Mengakali Batasan Badnwidth Internet Dengan Cara Mencatat Penggunaan Bandwidth

Mencatat penggunaan bandwidth adalah kunci jika Anda memiliki batasan Internet yang rendah, dan Anda khawatir akan melebihi batasan tersebut. Jika ISP mengenakan batasan bandwidth kepada Anda, mereka seharusnya memiliki situs web yang bisa Anda kunjungi untuk menampilkan penggunaan bandwidth Anda. Mengakali batasan bandwidth Internet ini adalah cara yang baik untuk mengetahui seberapa besar penggunaan bandwidth yang Anda habiskan. Satu hal yang harus Anda sadari bahwa situs tersebut mungkin saja tidak ter-update secara instan, jadi Anda bisa menunggu sekitar sehari untuk mengetahui informasi terbaru penggunaan bandwidth.
Selain itu, Anda juga dapat mengetahui penggunaan bandwidth Internet Anda sendiri. Contohnya, Windows 8 memiliki fitur pelacak bandwidth (klik link ini untuk mengetahuinya lebih lanjut) yang dapat memberikan Anda gambaran, seberapa besar data yang Anda gunakan dalam satu bulan terakhir. Meskipun begitu, cara mengakali batasan bandwidth Internet ini bukanlah solusi ideal, karena cara ini hanya akan melacak penggunaan bandwidth satu komputer tertentu, dan belum termasuk penggunaan bandwidth pada device lainnya. Jadi, jika ada perbedaan, ISP Anda akan menggunakan pencatatan yang mereka buat, daripada pencatatan yang Anda buat.

Mengakali Batasan Bandwidth Internet Dengan Menghemat Bandwidth Untuk Streaming Video

StreamingVideo tentu saja menghabiskan sejumlah besar bandwidth. Semakin besar kualitas video, semakin besar bandwidth yang digunakan. Jika Anda ingin streaming video tanpa harus melewati batasan bandwidth, Anda dapat mengakali batasan bandwidth Internet dengan mengurangi kualitas video.
Situs seperti Netflix dan YouTube akan secara otomatis menggunakan level kualitas yang tergantung dengan kecepatan sambungan Internet Anda, dan pada umumnya mereka akan menggunakan tingkat kualitas tertinggi yang paling memingkunkan. Tetapi, And dapat mengurangi kualitas video tersebut saat menonton video, ata bahkan menurunkan tingkat kualitas situs video tersebut secara permanen.
Contohnya dalam mengakali batasan bandwidth Internet ini, jika Anda menggunakan YouTube, Anda bisa membuka pengaturan Playback YouTube (klik link ini untuk membukanya) dan menggunakan opsi “I have a slow connection. Never play higher-quality video”. YouTube akan menggunakan video berkualitas rendah secara default, meskipun Anda memiliki sambungan yang cepat, untuk menghemat bandwidth Internet Anda.
Anda pada umumnya bisa mendapatkan opsi seperti ini pada situs streaming video. Perhatikan opsi playback untuk mengurangi penggunaan bandwidth. Anda bisa menghemat sejumlah besar bandwidth dengan menonton video berkualitas yang lebih rendah.

Mengakali Batasan Bandwidth Internet Dengan Membatasi Penggunaan Bandwidth Pada Browser Web

Sekarang ini, situs web juga menggunakan bandwidth yang cukup besar. Oleh karena itu, ada cara mengakali batasan bandwidth Internet dengan menggunakan beberapa opsi pada browser web.
Dengan mengaktifkan plugin “click-to-play”, Anda dapat menghemat sedikit bandwidth. Anda dapat mengaktifkan fitur “click-to-play” pada browser web seperti Chrome dan Firefox, dan saat Anda membuka situs web dengan konten Flash, Anda akan melihat kotak plugin berwarna abu-abu, dimana Anda dapat mengklik dan mendownload konten tersebut.
Ada juga beberapa cara lain untuk membatasi penggunaan bandwidth, termasuk mencegah browser web mendownload gambar apapun. Trik seperti ini akan jauh lebih berguna jika Anda melakukan tethering sambungan Internet smartphone dengan batasan bandwidth yang lebih ketat.

Mengakali Batasan Bandwidth Internet Dengan Menjadwal Download

Beberapa ISP membatasi jumlah bandwidth yang bisa Anda gunakan di siang hari, tetapi membolehkan penggunaan bandwidth tak terbatas dimalam harinya, karena kebanyakan orang dan bisnis menggunakan koneksi Internet di siang hari, sehingga di malam hari hanya sedikit orang yang menggunakan koneksi Internet. Bahkan jika ISP Anda tidak membatasi penggunaan bandwidth, ISP Anda akan memperlambat koneksi Internet Anda di siang hari, dan mempercepatnya dimalam hari.
Jika Anda adalah pelanggan Internet dengan ISP seperti ini, Anda bisa menggunakan bandwidth malam tak terbatas Anda dengan menjadwalkan download, agar download tersebut dapat dilakukan semalaman.
Anda dapat menggunakan program download manager, seperti program Internet Download Manager untuk menjadwalkan download. Alih-alih mendownload file besar dengan browser web, Anda dapat menambahkan link download ke program download manager agar program tersebut dapat menyimpan link dan mendownload nya nanti. Jadwalkan program download manager, agar program tersebut hanya mendownload file yang Anda inginkan dimalam hari, dengan menggunakan fitur schedule program tersebut, untuk mengakali batasan bandwidth Internet Anda.
Jika Anda menggunakan BitTorrent untuk mendownload file, Anda biasanya bisa mendapatkan opsi schedule pada klien BitTorrent, yang pada umumnya bekerja dengan prosedur yang sama dengan program download manager lainnya.
Selain itu, dalam mengakali batasan bandwidth Internet, ada beberapa program, seperti layanan gaming Stream, memiliki fitur yang dapat membuat Anda menjadwalkan download pada menu Options mereka. Contohnya, Steam dapat melakukan update secara otomatis pada video game yang terinstal di komputer Anda hanya pada jam-jam tertentu yang telah Anda atur sebelumnya. Bukalah menu pengaturan Steam, dan pilihlah Download untuk mendapatkan opsi ini. Carilah opsi yang sama pada program komputer lainnya.
Meskipun begitu, ada juga beberapa program, seperti iTunes, yang tidak memiliki cara bawaan menjadwal download agar Anda dapat mengakali batasan bandwidth Internet Anda. Jadi, Anda bisa mulai mendownload file berukuran besar sebelum Anda tidur dimalam hari, jika Anda menggunakan program seperti ini.
Demikianlah artikel cara mengakali batasan bandwidth Internet ini. Batasan bandwidth ini sendiri sebenarnya kurang bagus, karena seringkali ISP membebani biaya yang tidak masuk akal jika Anda melewati batasan bandwidth.