O‍NOFILE

Cara Atasi File Berubah Menjadi Format CHK Di Flashdisk Dan SD Card

KUNJUNGI WEBSITE BARU KAMI DENGAN KUALITAS YANG LEBIH BAIK DI SINI


Taukah File CHK Itu apa? Asalnya Dari mana? . Berikut Penjelasannya
"CHK is a Windows file fragment cleaned from the hard disk by ScanDisk or CHKDISK. It is stored in the FOUND folder after a disk scan has been performed from where it can be deleted since the information has been moved somewhere else on the disk."
[http://www.openthefile.net/extension/chk]

Pusing ya baca penjelasan di atas? Haha. Sebenarnya intinya adalah ketika kita sering mencabut dan memasang flash disk atau sd card, ketika si komputer melakukan pembacaan atau scan dan belum selesai membaca data di FD ada SD Card tersebut kita sudah main cabut saja maka timbulah masalah ini, walaupun memang tidak selalu jadi ada baiknya kita hindari hal hal ini daripada kerepotan di saat saat penting kita membutuhkan data tersebut.
Tapi agan2 Jangan Putus asa, Jangan format FD Atau SD Card Nya.. Karna Itu Bukanlah Virus.
Berikut adalah Langkah2 Yang Pernah Saya Ujikan.

1. Menggunakan Software
Ada banyak software yang bisa digunakan untuk memperbaiki kerusakan ini, tetapi pengalaman saya membantu teman saya ada yang tidak bisa diatasi dengan software dan jika itu terjadi kita bisa ke step 2. Tetapi jika kalian tetap ingin mencoba software kalian bisa merujuk ke http://www.openthefile.net/extension/chk di sana ada software software yang kalian butuhkan untuk memperbaiki penyakit ini, seperti Data Recovery CHK-Mate, unCHK, fileCHK.

2. Menggunakan Command Prompt atau Manual
Sebenarnya kalian bisa mengganti format file kalian sendiri, misal ardnesia.CHK itu file aslinya adalah JPEG maka kalian bisa mengubahnya manual dengan cara merenamenya menjadi ardnesia.JPEG. Tapi kak, filenya banyak sekali masa harus dirubah satu persatu? Tenang saja, di sini kita bisa membantu dengan memanfaatkan command yang ada di CMD.

- Buka CMD
Bisa melalui menu start - run - cmd, seperti gambar di bawah.

- Gunakan Command
Sebelumnya kita harus tahu posisi file berformat .CHK tersebut, gambar di bawah adalah contoh jika file file tersebut berada dalam directory D: dengan nama folder FOUND.000, dan ingin mengubahnya dari .CHK ke .JPEG.
Ketik cd\ [untuk melakukan checkdisk]
Ketik D: [D opsional tergantung posisi File ada dmn C, D, atau Lainnya]
Ketik cd FOUND.000 [opsional FOUND.000 bisa diubah tergantung posisi file]
Ketik FOUND.000>ren *.chk *.jpeg [jpeg bisa dirubah sesuai format file kita sebelumnya apa]
Done, untuk lebih mudahnya bisa dilihat gambar di bawah, CMD2


** Proses recovery tergantung jumlah danukuran file, jadi sabar saja.
    Jika kalian mendapat error
    " MSVBM50.dll not found error " saat membuka unchk.exe , download dan install Visual Basic 5           Runtime files, download disini :
http://download.microsoft.com/download/vb50pro/utility/1/win98/EN-US/Msvbvm50.exe .