O‍NOFILE

Cara Mudah Memindahkan Aplikasi Android ke SD Card

KUNJUNGI WEBSITE BARU KAMI DENGAN KUALITAS YANG LEBIH BAIK DI SINI
Cara Cepat Memindahkan Aplikasi Android ke SD Card - Android yang mempunyai sejuta kelebihan ternyata masih memiliki beragam kekurangan, diantaranya kapasitas memori Android yang jauh dari kebutuhan kita dan aplikasi demi aplikasi yang kita instal akan membebani yang pada akhirnya kinerja Android semakin berkurang atau lambat.  Solusi terbaik yang menjadi pilihan pengguna adalah memindahkan aplikasi-aplikasi tersebut dari memori internal ke penyimpanan eksternal.

Memori eksternal atau SD Card memang dinilai lebih efisien jika digunakan untuk menyimpan data aplikasi Android kita, karena kita mengetahui kapasitas penyimpanan memori internal yang sangat terbatas, Untuk smartphone kelas low end biasanya tidak lebih dari 512 MB, sedangkan untuk smartphone kelas middle end biasanya sekitar 4 GB, dan untuk smartphone kelas premium sebesar 8 GB atau bahkan bisa lebih di atasnya.Meskipun memori penyimpanan internal yang cukup besar seperti itu, dengan semakin banyak aplikasi dan game berkualitas tinggi memori sebesar itupun akan ludes habis. Apalagi sekarang banyak smartphone yang bisa dikatakan sedikit menipu, disitu dikatakan bahwa memori internal 8 GB "kelihatan besar ya ??" namun setelah diteliti ternyata hanya setengahnya saja yang dapat digunakan oleh pengguna, karena harus berbagi ruang memori dengan file system.
Dengan terbatasnya ruang memori dari penyimpanan internal Android tersebut, jika dipikir-pikir solusi terbaik untuk mengatasinya yaitu dengan alternatif bantuan dari memori eksternal yang memang memiliki kapasitas memori yang cukup untuk menyimpan aplikasi Android, mulai dari yang 2 GB, 4 GB, 8, GB hingga mencapai 32 GB. Dengan memindahkan aplikasi ke penyimpanan eksternal otomatis Android tidak akan terbebani dengan banyaknya aplikasi yang diinstal, namun besarnya penyimpanan eksternal tersebut juga harus disesuaikan dengan kapasitas kemampuan Android, namun kadang yang menjadi masalah adalah bagaimana untukmemindahkan aplikasi dari memori internal ke penyimpanan eksternal/SD Card ? . Sebenarnya kita dapat menempuh dua alternatif untuk memindahkan aplikasi dari internal Android ke SD Card, yaitu dengan cara manual yaitu memindahkan aplikasi satu persatu dari penyimpanan internal ke SD Card, dan cara yang kedua yaitu menggunakan aplikasi dari pihak ketiga yang menurut saya lebih efisien dan praktis, Nah untuk Anda yang ingin memindahkan aplikasi dari penyimpanan internal ke SD Card berikut kami bagikan informasinya.
Cara Cepat Memindahkan Aplikasi Android dari Internal Memori ke SD Card
Cara Pertama dengan Manual
Untuk cara yang pertama adalah dengan memindahkannya secara manual satu-persatu aplikasi yang ingin kita pindahkan ke SD Card, dengan cara ini memang dinilai agak berat tapi nilai postifnya adalah Android kita akan lebih aman.
Langkah Manual
1. Masuk ke menu Setting
2. Pilih opsi Apps
3. Berikutnya hanya perlu menyeleksi aplikasi yang ingin kita pindahkan ke SD Card, lalu tekan tombol "Move to SD Card"
Cara Cepat Memindah Aplikasi Android dari Internal Memori ke SD Card
Cara Kedua dengan Bantuan Aplikasi 
Jika langkah diatas tidak bisa dilakukan atau memang dirasa kurang efisien, alternatif cara lain adalah dengan menggunakan bantuan aplikasi dari pihak ke tiga yaitu  Link2SD ,aplikasi link2SD ini memang dikhususkan untuk memindahkan berkas data Android termasuk aplikasi yang awalnya berada di internal memori dipindahkan ke memori eksternal agar kerja Android juga bisa maksimal tanpa terbebani aplikasi. Selain itu, cara penggunaannya juga sangat mudah tinggal centang aplikasi yang ingin di pindah dan tekan OK. Hanya saja terlebih dahulu kita harus menyiapkan ruang partisi di SD Card untuk meyimpan data aplikasi yang seharusnya berada di internal memori tersebut.
namun untuk menggunakan cara yang kedua yang dinilai simpel ini harus memenuhi beberapa syarat terlebih dahulu (memang yang praktis itu agak susah :) ) agar cara memindahkan aplikasi ke memori eksternal yang praktis ini bisa diterapkan di Android kita.
1. Kondisi HP sudah di root, jika Andorid Anda belum di root silahkan lakukan root terlebih dahulu 
2. Memori eksternal atau SD Card harus sudah terpartisi terlebih dahulu, seperti komputer yang memiliki beberapa partisi, untuk SD Card ini hampir serupa yaitu kita harus membaginya menjadi 2 bagian untuk penempatan aplikasi. Untuk mempartisinya bisa menggunakan aplikasi Partition Wizard yang bisa dijalankan di komptuer atau laptop. Atau jika terlalu ribet Anda bisa langsung melakukan partisi melalui smartphone tanpa harus menyalakan komputer, yaitu menggunakan aplikasi link2SD itu juga.

Jika kedua persyaratan diatas telah dipenuhi, langkah untuk memindah aplikasi dari internal memori ke eksternal (SD Card) barulah bisa kita mulai, silahkan disimak :)
1. Download aplikasi untuk memindahkan aplikasi yaitu Link2SD , silahkan cari di Google PlayStore.
2. Jalankan aplikasi Link2SD. Jika muncul permintaan akses root atau SuperUser, silahkan pilih Allow. Saat pertama kali menggunakannya, akan muncul pilihan file system pada partisi kedua dari microSD yang anda gunakan (ext2, ext3, ext4, FAT16/32), sesuaikan dengan jenis partisi yang sudah anda lakukan sebelumnya di PC misal FAT32/16, Lalu anda akan diminta merestart perangkat anda. Silahkan restart dan jalankan kembali Link2SD.
3. Setelah itu tinggal kita pilih mana saja aplikasi yang ingin kita pindahkan ke eksternal memori, bisa melakukan select all untuk memindahkan semua aplikasi sekaligus atau bisa memilih beberapa aplikasi saja yang terlalu besar, dan yang belum tahu bahwa file system tidak bisa dipindahkan ke eksternal memori.
Cara Cepat Memindah Aplikasi Android dari Internal Memori ke SD Card
4. Jika sudah selesai memilih aplikasi yang ingin dipindahkan, sentuh softkey lalu pilih create link.
Cara Memindahkan Aplikasi ke SD Card Menggunakan Link2SD
5. Pastikan anda mencentang ketiga menu yang muncul seperti gambar dibawah ini, lalu pilih OK.
Cara Memindahkan Aplikasi ke SD Card Menggunakan Link2SD
6. Tunggu hingga proses selesai dan lihatlah perbedaannya. Memory internal akan lebih bebas karena data aplikasi yang anda pilih tadi telah dipindahkan total ke SD card partisi kedua. Silahkan cek penggunaan memory dengan menyentuh softkey dan pilih storage info.
Cara Memindahkan Aplikasi ke SD Card Menggunakan Link2SD
7. Selesai